Gerejawi.com, Persahabatan merupakan sebuah ikatan juga hubungan antara orang-orang yang memiliki kepedulian yang sama. Mereka hidup dan berbagi kasih juga kepedulian sebagai sesama manusia.

Seorang sahabat yang baik berlaku layaknya keluarga. Mereka peduli dan mencintai kita sebagai sahabat dalam suka dan duka.

Alkitab juga memberikan banyak nilai kehidupan tentang arti persahabatan. Alkitab memberikan petunjuk tentang sahabat sejati dan “sahabat modus”, mereka yang hanya mencari keuntungan dari sebuah persahabatan.

Apa saja yang Alkitab uraikan tentang persahabatan? Mari kita bahas bersama dalam 10 ayat Alkitab tentang indahnya persahabatan:

#1 Ayub 2:11

Ketika ketiga sahabat Ayub mendengar kabar tentang segala malapetaka yang menimpa dia, maka datanglah mereka dari tempatnya masing-masing, yakni: Elifas, orang Teman, dan Bildad, orang Suah, serta Zofar, orang Naama. Mereka bersepakat untuk mengucapkan belasungkawa kepadanya dan menghibur dia.

#2 1 Korintus 15:33

Janganlah kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusakkan kebiasaan yang baik.

#3 Lukas 6:31

Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Lakukanlah kepada orang lain sebagaimana Anda ingin mereka melakukannya untuk Anda.

#4 Amsal 18:24

Ada teman yang mendatangkan kecelakaan, tetapi ada juga sahabat yang lebih karib dari pada seorang saudara.

#5 Amsal 22: 24-25

Jangan berteman dengan orang yang lekas gusar, jangan bergaul dengan seorang pemarah, supaya engkau jangan menjadi biasa dengan tingkah lakunya dan memasang jerat bagi dirimu sendiri.

#6 Amsal 12:26

Orang benar memilih teman mereka dengan saksama, tetapi jalan orang fasik menyesatkan mereka.

Ayat Alkitab tentang persahabatan (Foto via Pixabay.com)

#7 Amsal 27: 5-6

Lebih baik teguran yang nyata-nyata dari pada kasih yang tersembunyi. Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah.

#8 Pengkhotbah 4: 9-10

Ada dua yang lebih baik dari pada satu, karena mereka mendapat hasil yang baik untuk pekerjaan mereka. Jika salah satu dari mereka jatuh, orang dapat membantu yang lain. Tapi kasihan siapa saja yang jatuh dan tidak ada yang bisa membantu mereka.

#9 Amsal 17:17

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran.

#10 Yohanes 15: 12-15

Inilah perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak menyebut kamu lagi hamba, sebab hamba tidak tahu, apa yang diperbuat oleh tuannya, tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku.


Nah, itu tadi 10 ayat Alkitab tentang persahabatan. Alkitab memberi kita terang tentang bagaimana menjalin sebuah persahabatan, juga mewaspadai “sahabat modus” yang tidak tulus.

Tuhan Yesus sendiri mengajarkan kita tentang pengorbanan sempurna bagi sahabat-sahabatNya yang adalah kita semua. Kristus adalah teladan sejati dari sebuah persahabatan.

Jika kamu suka artikel ini, silakan share/bagikan kepada sahabatmu, keluarga juga semua yang ingin mengalami kasih Tuhan dalam persahabatannya.

1 COMMENT

Comments are closed.