Gerejawi.com – Kita semua pernah mengalami apa itu kegagalan dalam hidup. Namun dari kegagalan kita belajar untuk lebih baik, belajar untuk lebih sabar dan terus menggapai apa yang kita impikan.

Saat gagal, bukan berarti kita berhenti untuk bangkit. Kegagalan harus menjadi alasan bagi kita untuk lebih giat sehingga bisa melewati semua kegagalan itu.

Kegagalan memang mengecewakan. Tetapi kita jangan larut dalam perasaan yang gagal. Segera bangkit dan selalu andalkan Tuhan.

Berdoalah minta petunjuk Tuhan juga bacalah Alkitab yang berisi banyak nasihat dan petunjuk untuk segera bangkit dari kegagalan.

Berikut ini kumpulan ayat Alkitab yang akan mendorongmu bangkit dari kegagalan:

Kembali bangkit dan terus bergerak menggapai tujuanmu. Jangan berhenti hanya karena kamu gagal. 

#1 Yeremia 8: 4

Engkau harus mengatakan kepada mereka: “Beginilah firman TUHAN: Apabila orang jatuh, masakan ia tidak bangun kembali? Apabila orang berpaling, masakan ia tidak kembali?

#2 Amsal 24:16

Sebab tujuh kali orang benar jatuh, namun ia bangun kembali, tetapi orang fasik akan roboh dalam bencana.

Hal baik dari kegagalan adalah kita belajar untuk terus lebih baik dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. 

#3 Mazmur 119: 71

Bahwa aku tertindas itu baik bagiku, supaya aku belajar ketetapan-ketetapan-Mu.

#4 Wahyu 3: 8

Aku tahu segala pekerjaanmu: lihatlah, Aku telah membuka pintu bagimu, yang tidak dapat ditutup oleh seorangpun. Aku tahu bahwa kekuatanmu tidak seberapa, namun engkau menuruti firman-Ku dan engkau tidak menyangkal nama-Ku.

Optimis (Credit: Pixabay.com/Free-Photos)

#5 Mazmur 40: 2-3

Ia mengangkat aku dari lobang kebinasaan, dari lumpur rawa; Ia menempatkan kakiku di atas bukit batu, menetapkan langkahku, Ia memberikan nyanyian baru dalam mulutku untuk memuji Allah kita. Banyak orang akan melihatnya dan menjadi takut, lalu percaya kepada TUHAN.

#6 Amsal 3: 5-6

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu.

#7 2 Timotius 1: 7

Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Tuhan akan membantu kita saat kita gagal. Tapi ingat jika kita gagal itu karena Dia memiliki alasan bagus untuk membiarkan hal itu terjadi. Kita mungkin tidak memahaminya pada saat itu, tapi pada akhirnya Tuhan akan setia.

#8 Ulangan 31: 8

Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati.”

#9 Mazmur 37: 23-24

TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

#10 Yesaya 41:10

janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

#11 Mikha 7: 8

Janganlah bersukacita atas aku, hai musuhku! Sekalipun aku jatuh, aku akan bangun pula, sekalipun aku duduk dalam gelap, TUHAN akan menjadi terangku.

#12 Mazmur 145: 14

TUHAN itu penopang bagi semua orang yang jatuh dan penegak bagi semua orang yang tertunduk.

Teruslah tersenyum (Credit: Pixabay.com/murtaza_ali)

Saat kamu gagal, bukan berarti Tuhan menolakmu. Tidak, Tuhan tidak menolakmu. Dia memberikan kita pelajaran tentang kehidupan agar terus menjadi lebih baik. Jangan lupa bersyukur dan terus andalkan Tuhan sambil berusaha.

#13 Filipi 4:13

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

#14 Yesaya 41: 9

Aku membawa kamu dari ujung bumi dan memanggil kamu dari sudut yang terjauh. Aku berkata kepadamu: Kamu adalah hamba-Ku; Aku telah memilihmu dan tidak menolakmu.

Demikian ayat-ayat tentang kegagalan. Kita bisa terus berusaha dan mengandalkan Tuhan saat menghadapi situasi seperti ini.

Baca: 10 Ayat Alkitab Tentang Indahnya Persahabatan

Semoga artikel ini bermanfaat selalu. Jangan lupa share dan berikan juga komentar kamu.