Home Alkitab 20 Ayat Alkitab tentang Cinta Kasih. Mari Baca dan Amalkan!

20 Ayat Alkitab tentang Cinta Kasih. Mari Baca dan Amalkan!

Ayat Alkitab tentang Cinta
Cinta kasih mengalahkan segalanya (Sumber foto unsplash.com)

Gerejawi.com – Inti ajaran Yesus Kristus adalah cinta kasih. Yesus Kristus banyak mengajarkan kepada kita tentang bagaimana kekuatan cinta kasih itu. Dia bahkan menunjukkan cinta kasih yang sejati dengan rela wafat di salib demi kita.

Bayangkan dunia tanpa permusuhan, semua orang hidup saling mencintai, saling menghargai. Betapa indah bukan?

Hal ini yang ingin Yesus sampaikan kepada kita. Bahwa hidup akan terasa lebih indah jika cinta di atas segalanya. Sama seperti Allah mencintai kita anak-anakNya, demikian juga kita harus mencintai sesama kita sendiri.

Di dalam Alkitab, terdapat banyak ayat yang berbicara tentang cinta kasih. Berikut ini kami rangkumkan 20 ayat penting yang mengajarkan juga mengingatkan kita tentang kekuatan luar biasa dari cinta kasih itu.

Amsal 10:12 

Kebencian menimbulkan pertengkaran, tetapi kasih menutupi segala pelanggaran.

Matius 22: 37-39 

Jawab Yesus kepadanya: “Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. Itulah hukum yang terutama dan yang pertama. Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Lukas 6:31 

Dan sebagaimana kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah juga demikian kepada mereka.

Lukas 6:35 

Tetapi kamu, kasihilah musuhmu dan berbuatlah baik kepada mereka dan pinjamkan dengan tidak mengharapkan balasan, maka upahmu akan besar dan kamu akan menjadi anak-anak Allah Yang Mahatinggi, sebab Ia baik terhadap orang-orang yang tidak tahu berterima kasih dan terhadap orang-orang jahat.

Yohanes 3:16 

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.

Yohanes 15:13 

Tidak ada kasih yang lebih besar dari pada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya.

Roma 12: 9 

Hendaklah kasih itu jangan pura-pura! Jauhilah yang jahat dan lakukanlah yang baik.

Roma 13:10

Kasih tidak berbuat jahat terhadap sesama manusia, karena itu kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

1 Korintus 13: 4-8 

Kasih itu sabar; kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu. Kasih tidak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa roh akan berhenti; pengetahuan akan lenyap.

1 Korintus 13:13

Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan kasih, dan yang paling besar di antaranya ialah kasih.

Efesus 4: 2 

Hendaklah kamu selalu rendah hati, lemah lembut, dan sabar. Tunjukkanlah kasihmu dalam hal saling membantu.

1 Petrus 4: 8 

Tetapi yang terutama: kasihilah sungguh-sungguh seorang akan yang lain, sebab kasih menutupi banyak sekali dosa.

1 Yohanes 4: 7 

Saudara-saudaraku yang kekasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah; dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah.

Ayat Alkitab tentang Patah Hati
Tuhan menjagamu (Sumber foto Pexels.com)

1 Yohanes 4: 18-19 

Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih. Kita mengasihi, karena Allah lebih dahulu mengasihi kita.

Efesus 5:25 

Hai suami, kasihilah isterimu sebagaimana Kristus telah mengasihi jemaat dan telah menyerahkan diri-Nya baginya.

Efesus 5:33 

Bagaimanapun juga, bagi kamu masing-masing berlaku: kasihilah isterimu seperti dirimu sendiri dan isteri hendaklah menghormati suaminya.

Kolose 3:14 

Dan di atas semuanya itu: kenakanlah kasih, sebagai pengikat yang mempersatukan dan menyempurnakan.

1 Yohanes 3: 16-18 

Demikianlah kita ketahui kasih Kristus, yaitu bahwa Ia telah menyerahkan nyawa-Nya untuk kita; jadi kitapun wajib menyerahkan nyawa kita untuk saudara-saudara kita. Barangsiapa mempunyai harta duniawi dan melihat saudaranya menderita kekurangan tetapi menutup pintu hatinya terhadap saudaranya itu, bagaimanakah kasih Allah dapat tetap di dalam dirinya? Anak-anakku, marilah kita mengasihi bukan dengan perkataan atau dengan lidah, tetapi dengan perbuatan dan dalam kebenaran.

1 Yohanes 4: 8 

Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih.

Pesan cinta di atas, tidak saja sebagai sebuah panggilan untuk mencintai sesama manusia. Kita dipanggil untuk juga mencintai alam sebagai karya Tuhan, mencintai pekerjaan sebagai kesempatan membangun dunia lebih baik juga hal-hal kecil lain di sekitar kita.

7 Manfaat Luar Biasa Jika Selalu Berdoa Bersama Pasangan. Mari Lakukan!

 

Semoga ayat-ayat di atas semakin mengingatkan kita semua untuk terus mengobarkan semangat cinta dan bukan kebencian. Silakan share jika kamu suka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

8 Film Paskah Tentang Penyaliban Yesus Kristus, Nomor 4 Terbaik Sepanjang Masa

Gerejawi.com - Yesus Kristus adalah sosok penting bagi umat Kristen (pengikut Kristus) dari berbagai aliran di seluruh dunia. Setiap tahun umat Kristen merayakan Natal untuk...

14 Ayat Alkitab yang Mendorongmu Bangkit Dari Kegagalan

Gerejawi.com - Kita semua pernah mengalami apa itu kegagalan dalam hidup. Namun dari kegagalan kita belajar untuk lebih baik, belajar untuk lebih sabar dan...

Apa Arti Nama Yesus? Ini Penjelasannya!

Gerejawi.com - Nama Yesus Kristus sering disebut dalam setiap doa umat Kristiani. Ini adalah nama yang paling agung dan telah mengubah sejarah dunia. Santo Paulus...

15 Ayat Alkitab tentang Pertobatan dan Pengampunan

Gerejawi.com - Sebagai manusia lemah kita tidak pernah luput dari dosa dan salah. Sudah begitu banyak dosa juga kesalahan yang kita perbuat. Semua itu tentu...

3 Doa Indah yang Bersumber Dari Alkitab

Gerejawi.com - Sebagai umat Kristiani, kita memiliki banyak doa, mulai dari doa pagi, doa malam, doa sebelum bekerja, doa makan,doa bagi keluarga, doa pertobatan...