Home Tips 7 Hal ini Bisa Menutup Pintu Berkah dari Tuhan. Apa Saja?

7 Hal ini Bisa Menutup Pintu Berkah dari Tuhan. Apa Saja?

via Pixabay.com

Gerejawi.com – Sebagai manusia yang lemah dan berdosa, kita tentu selalu berharap pada kasih dan berkah dari Tuhan. Namun terkadang, beberapa sikap dan hal yang kita lakukan, tanpa kita sadari telah menutupi berkah Tuhan bagi kita.

Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.(Filipi 4:13)

Kutipan ayat di atas sebagai pengingat kepada kita betapa Tuhan adalah kekuatan dan andalan kita. Namun sikap kita, bisa menghalangi berkah dari Tuhan. Ya, diri dan tindakan kita sendiri yang menutup datangnya rahmat dari Tuhan.

Lalu, hal apa saja yang membuat rahmat Tuhan tertutup bagi kita?

Keraguan diri

Pepatah klasik mengatakan “Kamu tidak akan pernah tahu sampai kamu mencoba”. Terkadang kita begitu ragu untuk memulai sesuatu. Kita berpikir buruk bahkan sebelum mencoba.

Ketakutan dan keraguan justru akan menghalangi kita untuk maju dan berkarya. Itu semua menghalangi kita untuk mengalami kehidupan dimana kita diciptakan untuk banyak berkarya hal-hal baik bagi sesama dan dunia.

Bangga diri dan sombong

Sikap bangga diri dan sombong membuat kita menjadi pribadi yang egois. Kita besar kepala dan melupakan orang lain juga Tuhan. Jauhi semua sikap itu, hal-hal yang akan merusak hubungan kita dengan sesama dan Tuhan.

Tidak percaya

Sikap tidak percaya membuat kita tak bisa menentukan arah yang tepat. Menjadi orang tak percaya kepada kuasa Tuhan justru semakin menjauhkan kita dari rahmat Tuhan.

Ketidakpuasan

Hal lain yang membuat rahmat Tuhan tak kunjung kita peroleh karena sikap yang tidak pernah puas. Kita menjadi egois bahkan ikut mengambil hak orang lain.

Berpikir negatif

Orang yang berpikir negatif akan terkurung dalam alam pikirannya yang sempit. Dia melihat segalanya dengan pikiran sempit, ibarat katak dalam tempurung.

Selalu kondisikan untuk melihat segala sesuatu dengan cara yang berbeda, dengan cara yang positif, sehingga kita bisa melihat hikmah dari setiap hal yang terjadi dalam hidup ini.

Berpegang pada masa lalu

Jangan terus hidup dalam bayangan masa lalu. Hidup itu dinamis, terus bergerak, banyak perubahan terjadi. Jadikan masa lalu sebagai pelajaran, petik yang baik dan hindari hal buruk masa lalu terjadi lagi di hari esok. Jadilah pribadi yang bijak.

Kesalahan

Hindari sindrome “seandainya” seperti: “Seandainya saja saya melakukan ini…Seandainya saja saya tidak melakukan itu,” dll”. Rasa bersalah membuat kita terkurung dan tidak bisa maju. Tuhan sudah mengampuni semua kesalahan itu, namun kita juga harus belajar memaafkan diri sendiri dan terus bergerak maju.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

8 Film Paskah Tentang Penyaliban Yesus Kristus, Nomor 4 Terbaik Sepanjang Masa

Gerejawi.com - Yesus Kristus adalah sosok penting bagi umat Kristen (pengikut Kristus) dari berbagai aliran di seluruh dunia. Setiap tahun umat Kristen merayakan Natal untuk...

14 Ayat Alkitab yang Mendorongmu Bangkit Dari Kegagalan

Gerejawi.com - Kita semua pernah mengalami apa itu kegagalan dalam hidup. Namun dari kegagalan kita belajar untuk lebih baik, belajar untuk lebih sabar dan...

Apa Arti Nama Yesus? Ini Penjelasannya!

Gerejawi.com - Nama Yesus Kristus sering disebut dalam setiap doa umat Kristiani. Ini adalah nama yang paling agung dan telah mengubah sejarah dunia. Santo Paulus...

15 Ayat Alkitab tentang Pertobatan dan Pengampunan

Gerejawi.com - Sebagai manusia lemah kita tidak pernah luput dari dosa dan salah. Sudah begitu banyak dosa juga kesalahan yang kita perbuat. Semua itu tentu...

3 Doa Indah yang Bersumber Dari Alkitab

Gerejawi.com - Sebagai umat Kristiani, kita memiliki banyak doa, mulai dari doa pagi, doa malam, doa sebelum bekerja, doa makan,doa bagi keluarga, doa pertobatan...