8 Tips Berdoa dari Paus Santo Yohanes Paulus II. Mari Praktekkan!

Tips doa Paus Yohanes Paulus II
Paus Yohanes Paulus II (Photo by Francois LOCHON/via Time.com)

Gerejawi.com – Doa adalah sarana bagi umat beriman untuk berinteraksi dengan Tuhan. Dalam ajaran Kristiani, berdoa berarti berbicara dengan Tuhan.

Paus Santo Yohanes Paulus II adalah salah satu contoh sosok yang rajin berdoa.

Sejak muda, Paus yang dikenal dengan nama Karol Józef Wojtyła ini sangat rajin berdoa. Dia bisa melewati saat-saat genting Perang Dunia II dan serangan Nazi berkat doanya yang intens.

Untuk itu, saat menjadi Paus, dia banyak menulis buku tentang bagaimana berdoa yang baik. Dia juga memberikan tips praktis berdoa kepada kaum muda.

Berikut 8 tips berdoa sederhana dari Paus Santo Yohanes Paulus II :

Berdoalah, karena Kristus bersamamu

“Ingatlah bahwa kamu tidak pernah sendiri, Kristus menyertai kamu dalam perjalananmu setiap hari dalam hidupmu! Dia telah memanggil dan memilihmu untuk hidup dalam kebebasan sebagai anak-anak Allah. Berpalinglah kepada-Nya dalam doa dan cinta. Mintalah Dia untuk memberimu keberanian dan kekuatan untuk hidup dalam kebebasan ini selamanya. Berjalanlah bersama Dia yang adalah ‘Jalan, Kebenaran dan Hidup.”

Berdoalah Rosario

Rosario adalah doa favorit saya. Doa yang luar biasa! Luar biasa dalam kesederhanaan dan kedalamannya. Dalam doa kami mengulang berkali-kali kata-kata yang diucapkan Perawan Maria dari Malaikat Agung, dan dari Elisabeth, saudarinya.”

Doa adalah berdialog dengan Tuhan

“Doa, dialog paling dalam dengan Dia yang memanggil kamu untuk menjadi murid-murid-Nya. Jadilah sosok yang dermawan dalam kehidupan. Jadikan Ekaristi sebagai jantungmu setiap hari.”

Pengorbanan

“Doa yang bergabung dengan pengorbanan merupakan kekuatan paling kuat dalam sejarah manusia.”

Tanpa doa, iman dan cinta akan mati

“Jika kamu benar-benar ingin mengikuti Kristus, jika kamu menginginkan cintamu kepada-Nya untuk tumbuh dan bertahan, maka kamu harus setia berdoa. Inilah kunci penting hidup di dalam Kristus. Tanpa doa, iman dan cinta akan mati. Jika kamu terus-menerus berdoa setiap hari dan dalam perayaan Misa hari Minggu, cintamu kepada Yesus akan terus meningkat. Dan hatimu akan tahu sukacita dan kedamaian yang dalam, seperti yang tak pernah diberikan dunia.”

Ikutilah cara Yesus berdoa

“Bagaimana Yesus sendiri berdoa? … kita tahu bahwa doa-Nya ditandai oleh semangat sukacita dan pujian. ”

Bacalah Alkitab dan buatlah doamu sendiri

“Bila sulit untuk berdoa, yang terpenting bukan berhenti berdoa, jangan sampai menyerah. Pada saat-saat seperti ini, beralihlah ke Alkitab dan ke dalam liturgi Gereja. Renungkan hidup dan ajaran Yesus seperti yang tercatat dalam Injil. Renungkan hikmat dan nasihat para rasul dan pesan para nabi. Cobalah untuk merangkai sebuah doa indah versi kamu sendiri dari Mazmur.”

Berdoalah juga untuk pertobatanmu

“Ketika kamu berdoa, kamu harus menyadari bahwa doa tidak hanya meminta Tuhan untuk sesuatu atau mencari pertolongan khusus, meskipun doa permohonan adalah cara berdoa yang benar. Tapi doa juga harus ditandai dengan ucapan syukur dan pujian, dengan mendengarkan dan mendengarkan penuh perhatian, dengan meminta pengampunan dan pengampunan dari Tuhan. Jika kamu mengikuti nasihat Yesus, dan berdoa kepada Tuhan secara rutin, maka kamu akan belajar untuk berdoa dengan baik. Tuhan sendiri akan mengajarimu.”

Sekian pesan dan tips dari mendiang Paus Santo Yohanes Paulus II. Kiranya artikel ini bermanfaat. Silakan share kepada semua orang. Tuhan memberkati. 




Dari: Aleteia 

WAJIB BACA

8 Tips Berdoa dari Paus Santo Yohanes Paulus II. Mari Praktekkan!

Gerejawi.com - Doa adalah sarana bagi umat beriman untuk berinteraksi dengan Tuhan. Dalam ajaran Kristiani, berdoa berarti berbicara dengan Tuhan. Paus Santo Yohanes Paulus II...

Mia Khalifa Upload Foto Mirip Bunda Maria, Netizen Geram

Washington, Gerejawi.com - Mantan pemain film dewasa Mia Khalifa kembali membuat tindakan kontroversial di media sosial. Wanita asal Lebanon ini mengupload gambar dirinya yang...

Tragis! Pastor Kenya ini Dibunuh orang Tak Dikenal. Mobilnya Ikut Dibakar Pelaku

Kenya, Gerejawi.com - Seorang imam Katolik bernama Pastor Evans Juma Uduor ditemukan tak sadarkan diri di perkebunan tebu di dekat Pasar Chiga di Kabupaten...

10 Tahun di Kursi Roda, Pria Tua ini Akhirnya Kembali Berjalan Setelah Rajin Berdoa Rosario

Irlandia, Gerejawi.com - Seorang pria bernama Des Fitzgerald mengaku bisa berjalan kembali dengan baik untuk pertama kalinya dalam 10 tahun setelah intens berdoa Rosario. Pria...
video

Anak-anak Sekolah di India Mengaku Melihat Penampakan Bunda Maria

India, Gerejawi.com - Sekelompok anak sekolah di negara bagian Kerala, India, mengaku telah melihat Perawan Maria yang Terberkati di bawah altar saat mereka sedang...

Dua Napi ini Kabur Saat Makan Siang Bersama Paus Fransiskus

Bologna, Gerejawi.com - Paus Fransiskus dalam perjalanannya ke Bologna, Italia pada 1 Oktober silam, menyempatkan diri makan siang bersama para napi, pengungsi dan orang...