Inilah 3 Doa Kuno untuk Doa Sesudah Komuni

Doa sesudah Komuni
Doa sesudah Komuni (Foto: Pixabay.com/Pexels)

Inilah Tiga Doa Kuno yang Cocok Kamu Doakan Sesudah Komuni, Amorpost.com – Tidak sedikit dari umat Katolik yang masih bingung atau mengalami kesulitan untuk berdoa setelah menerima komuni kudus dalam perayaan Ekaristi.

Kita sering lupa mendaraskan doa karena kebetulah melihat teman atau sahabat saat hendak pulang ke tempat duduk. Padahal doa sesudah komuni adalah salah satu bagian yang sangat penting karena kita sudah menerima Kristus untuk tinggal dalam tubuh kita.

Satu hal yang seharusnya ada dalam doa sesudah menerima komuni adalah ucapan syukur. Kita bersyukur karena Yesus sudah memberikan Tubuh dan Darah-Nya untuk keselamatan kita.

Berikut ini adalah tiga doa kuno yang cocok untuk kamu daraskan sesudah menerima komuni. Kamu bisa menjadikan doa-doa ini sebagai referensi bila kamu kebingungan merumuskan doa yang cocok dan pas di hati.

Doa Sesudah Komuni sebagai sebuah Doa Persembahan

O Yesus, terimalah persembahanku yang kurang sempurna ini
Engkau telah memberikan diri-Mu kepadaku,

Sekarang biarkan aku memberikan diriku kepada-Mu:
Kumemberikan jiwaku agar Engkau murnikan dari segala dosa,
Kuberikan hatiku agar selalu mencintai-Mu,

Aku berikan setiap nafas yang akan aku hirup hingga nafas terakhir,
Aku serahkan diri dalam hidup dan kematian
supaya aku menjadi milik-Mu selama-lamanya. Amin.

Doa Sesudah Komuni dari St. Ignatius dari Loyola

Ambillah ya Tuhan,
dan terima semua kebebasanku,
ingatanku, pengertianku, dan seluruh kehendaku,
Kuhaturkan semua menjadi milik-Mu.

Engkau telah memberikan segalanya untukku
Bagimu Tuhan, aku mengembalikannya.

Semuanya milik-Mu; pakailah aku seseui dengan kehendak-Mu.
Beri aku hanya cinta dan anugerah-Mu;
itu sudah cukup buat aku, Amin.

Doa Sesudah Komuni dari St. Bonaventura

Tembuslah jiwaku yang terdalam, oh Tuhan Yesus termanis, dengan luka kasih-Mu yang penuh kesukaan dan kesehatan, dan dengan kasih kerasulan yang sungguh besar dan tenang, sehingga jiwaku menjadi lembut dan luluh dalam kasih dan hasrat terhadap Dikau, semoga aku selalu mendambakan Engkau dan pelataran-Mu, dan senantiasa rindu untuk bersatu dan hidup bersama Dikau.

Anugerahkanlah rahmat agar jiwaku ini selalu lapar akan Dikau, Roti para Malaikat, makanan jiwa-jiwa yang kudus, roti kami sehari-hari dan paling penting, karena Engkaulah sumber segala yang manis dan lezat serta mengandung setiap cita rasa yang menyenangkan.

Semoga hatiku senantiasa lapar akan Dikau, yang selalu dirindukan para malaikat, dan semoga jiwaku yang terdalam dipenuhi oleh manisnya Diri-Mu;

semoga jiwaku selalu haus akan Dikau, sumber kehidupan, sumber kebijaksanaan dan pengetahuan, sumber cahaya kekal, aliran sungai sukacita, kesempurnaan rumah Allah;

semoga jiwaku senantiasa menuju Dikau, mencari Dikau, menemukan Dikau, berlari kepada Dikau, menghampiri Dikau, merenungkan Dikau, berbicara tentang Dikau, dan melakukan segalanya demi pujian dan kemuliaan bagi Nama-Mu, dengan kerendahan hati dan kebijaksanaan, dengan cinta dan kegembiraan, dengan kelegaan dan kasih sayang, dengan ketabahan sampai akhir;

dan semoga Engkau menjadi satu-satunya harapanku, kepercayaanku, kekayaanku, kesenanganku, kepuasanku, sukacitaku, istirahatku dan ketentramanku, damaiku, manisku, makananku, penyegaranku, perlindunganku, pertolonganku, kebijaksanaanku, bagianku, milikku, hartaku; dalam Diri-Mu-lah semoga pikiran dan hatiku selalu tertuju, mantap, berakar tak tergoyahkan. Amin.

Baca juga: 7 Manfaat Luar Biasa Jika Selalu Berdoa Bersama Pasangan. Mari Lakukan!

Silakan membaca dan bagikan doa-doa ini agar membantu banyak orang berdoa kepada Tuhan.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

PALING BANYAK DIBACA