Lakukan 2 Hal Penting ini Sebelum Masa Adven Berakhir

Kegiatan selama masa Adventus
Semangat menyambut Natal (Foto: Pixabay.com/bearinthenorth-2960032)

Lakukan 2 Hal Penting ini Sebelum Masa Adven Berakhir, Gerejawi.com – Masa Adven merupakan masa dalam kalender Liturgi bagi umat Kristiani dalam mempersiapkan kedatangan Kristus untuk kedua kalinya.

Masa ini juga menjadi moment penting untuk mengenang kembali peristiwa kelahiran Kristus di Betlehem pada 2000 tahun silam. Adven selalu menjadi masa yang dinantikan, mempersiapkan diri sebelum merayakan sukacita Natal.

Dalam beberapa hari ke depan kita akan memasuki Natal. Itu berarti masa Adven dalam tahun ini akan segera berakhir. Sebelum Adven berakhir dan kita mulai merayakan damai Natal, ada baiknya melakukan 2 hal ini:

1. Pengakuan dosa

Kita biasanya mempersiapkan segalanya, termasuk diri sendiri (penampilan) saat akan menyambut orang penting, baik itu pejabat, selebriti atau orang yang kita idolakan. Kita ingin terlihat layak di mata mereka.

Demikian pula saat kita akan menyambut Kristus, kita ingin dipandang layak menyambut kedatangan-Nya. Namun yang perlu kita persiapkan bukan penampilan secara fisik, namun hati yang bersih.

Untuk itu, kita perlu meluangkan waktu selama Adven untuk membersihkan jiwa melalui pengakuan dosa.

Tidak ada cara yang lebih baik dalam mempersiapkan diri guna menyambut kedatangan Kristus selain jika dosa-dosa kita diampuni melalui Sakramen Pengakuan.

Selama masa Adven semua paroki memberikan pelayanan pengakuan dosa. Manfaatkan ini untuk membersihkan diri guna menyambut kedatangan Sang Juru Selamat.

2. Berikan sedekah/beramal

Cara kedua untuk mempersiapkan diri menjelang Natal yakni dengan beramal atau bersedekah. Kita bisa menyisihkan sedikit pendapatan kita untuk diberikan kepada mereka yang kurang mampu.

Selain dengan uang, bisa juga beramal dengan mengumpulkan-menyumbangkan pakaian bekas yang masih bisa dipakai atau memberikan makanan yang layak dimakan bagi kaum miskin. Kamu juga bisa berdonasi melalui lembaga-lembaga amal, misalnya lembaga pendidikan, kesehatan dll.

Jika tidak memiliki banyak hal yang bisa diberikan, kamu bisa memberikan sebagian waktu untuk secara sukarela membantu persiapan Natal di paroki tempatmu. Bisa dengan membantu membersihkan lingkungan Gereja atau gotong royong mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan jelang Natal.

Berita Terkait

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

PALING BANYAK DIBACA