Home Alkitab Lakukan 5 Hal ini Saat Banyak Cobaan dalam Hidupmu

Lakukan 5 Hal ini Saat Banyak Cobaan dalam Hidupmu

Cobaan hidup
Cobaan hidup (Sumber foto Pixabay)

Gerejawi.com, Hidup memang sulit dan penuh cobaan. Beberapa orang menghadapi cobaan hidup dengan penuh keberanian. Mereka mampu melewati setiap tantangan dalam hidup karena bersandar pada Tuhan.

Beberapa orang lainnya yang sulit menghadapi kerasnya kehidupan, kemudian menyalahkan Tuhan atas semua itu atau bahkan tenggelam dalam perasaan depresi.

Orang-orang yang bertahan dan kuat saat cobaan datang adalah mereka yang memiliki iman akan Tuhan, percaya bahwa Tuhan akan membantu melewati masa-masa sulit.

Inilah 5 hal yang bisa kamu lakukan saat banyak cobaan dalam hidup ini:

(1 Tesalonika 5:17) Mintalah bantuan Tuhan dengan berdoa. Bersandarlah pada kasih-Nya

Tips melewati masa-masa sulit dan cobaan hidup
Berdoalah (Sumber foto Pixabay)

Tetaplah berdoa (1 Tesalonika 5:17)

Ingat, Tuhan tidak berjanji bahwa tak akan ada kesulitan dalam hidup. Namun, Dia brjanji akan terus bersama kita melewati badai. Jika kita marah dan menyalahkan Tuhan, semua itu tidak akan membantu kita melewati semua masalah.

Mintalah penyertaan Tuhan sehingga kita dikuatkan melewati semua tantangan itu. Bawa semua masalahmu kepad Tuhan dan mintalah petunjuk-Nya.

(Roma 10:17) Bacalah Alkitab. Temukan firman Tuhan yang indah di sana

Tips melewati masa-masa sulit dan cobaan hidup
Baca Alkitab (Sumber foto Pixabay)

Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh firman Kristus.(Roma 10:17)

Alkitab tidak hanya ada disimpan sebagai formalitas bahwa kita percaya kepada Kritus. Bacalah Alkitab, ada banyak firman Tuhan penuh nasihat yang menguatkanmu. Kamu bisa membaca banyak hal, semua ada di sana.

Ketika kita lebih bijak, semua keputusan yang diambil jauh lebih baik. Keputusan yang baik selalu mendatangkan hal-hal yang baik pula.

(Amsal 3: 5) Tuhan selalu tahu yang terbaik bagi kita anak-anakNya

Tips melewati masa-masa sulit dan cobaan hidup
Biarkan Tuhan bekerja (Sumber foto Pixabay)

Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri (Amsal 3:5)

Terkadang kita berpikir jika hal ini baik bagi kita, tidak berarti itu baik bagi kita. Ingat, Tuhan lebih tahu tentang kita. Dia memiliki hal yang lebih indah dan terbaik bagi kita. Dia mengasihi kita lebih dari yang kita tahu.

Terkadang doa yang belum terjawab adalah karunia Tuhan yang besar agar kita semakin berusaha dan mendekatkan diri kepada-Nya.

(Amsal 3:13) Baca atau dengarkan cerita pengalaman orang lain

Tips melewati masa-masa sulit dan cobaan hidup
Dengarkan pengalaman mereka (Sumber foto Pixabay)

Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian,(Amsal 3:13)

Terkadang kita hanya perlu mengambil waktu untuk refleksi diri dan menemukan betapa baiknya Tuhan.

Mendengarkan cerita pengalamn orang lain bisa membantu kita untuk memperbaiki keadaan, terutama jika mereka mengalami situasi yang jauh lebih buruk dari yang kia hadapi. Dari kesaksian mereka, kita bisa banyak belajar bagaimana menghadapi situasi demikian.

(1 Tesalonika 5:18) Selalu bersyukur

Ayat Alkitab tentang Patah Hati
Tersenyumlah karena Tuhan menjawab doamu (Sumber foto Pexels.com)

Mengucap syukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.(1 Tesalonika 5:18)

Bersyukurlah untuk semua yang ada dalam hidup kita, bahkan untuk hal-hal mendasar seperti rumah atau makanan yang akan kita santap. Katakan pada Tuhan kita bersyukur untuk semua itu.

Tindakan sederhana seperti ini membuat kita memiliki rasa bersyukur pada hal-hal besar, pada keluarga kita dan orang-orang yang kita cintai.

Jika hidupmu terasa berat dan sulit, berapa lama pun kamu harus melewati semua itu, ingatlah bahwa Tuhan mampu membawa kebaikan dalam situasi yang kamu hadapi.

Baca: 23 Ayat Alkitab yang Membantumu Menghadapi Kerasnya Cobaan Hidup

Semoga artikel ini bermanfaat. Silakan share kepada orang-orang tercinta agar kasih Tuhan semakin dirasakan semua orang. 

Hai, kami juga ingin mendengarkan komentar kamu. Silakan tinggalkan komentar kamu via Facebook dibawah ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

8 Film Paskah Tentang Penyaliban Yesus Kristus, Nomor 4 Terbaik Sepanjang Masa

Gerejawi.com - Yesus Kristus adalah sosok penting bagi umat Kristen (pengikut Kristus) dari berbagai aliran di seluruh dunia. Setiap tahun umat Kristen merayakan Natal untuk...

14 Ayat Alkitab yang Mendorongmu Bangkit Dari Kegagalan

Gerejawi.com - Kita semua pernah mengalami apa itu kegagalan dalam hidup. Namun dari kegagalan kita belajar untuk lebih baik, belajar untuk lebih sabar dan...

Apa Arti Nama Yesus? Ini Penjelasannya!

Gerejawi.com - Nama Yesus Kristus sering disebut dalam setiap doa umat Kristiani. Ini adalah nama yang paling agung dan telah mengubah sejarah dunia. Santo Paulus...

15 Ayat Alkitab tentang Pertobatan dan Pengampunan

Gerejawi.com - Sebagai manusia lemah kita tidak pernah luput dari dosa dan salah. Sudah begitu banyak dosa juga kesalahan yang kita perbuat. Semua itu tentu...

3 Doa Indah yang Bersumber Dari Alkitab

Gerejawi.com - Sebagai umat Kristiani, kita memiliki banyak doa, mulai dari doa pagi, doa malam, doa sebelum bekerja, doa makan,doa bagi keluarga, doa pertobatan...