Mantan Kardinal India Mgr Ivan Dias Meninggal Dunia di Roma

Kardinal Ivan Diaz
Kardinal Ivan Diaz (Foto: Catholic News)

Mantan Kardinal India Mgr Ivan Dias Meninggal Dunia, Gerejawi.com – Gereja Katolik kehilangan salah satu gembala terbaik dari tanah India setelah kematian Mgr Ivan Dias. Mantan Kardinal Gereja Katolik India ini meninggal pada 19 Juni 2017 di Roma, Italia.

Semasa hidupnya, Mgr Ivan Dias ditunjuk Vatikan untuk menjalankan berbagai tugas penting pelayanan Gereja. Dia pernah menjabat sebagai Uskup Agung Boimbay (1996-2006), kemudian menjalankan tugas diplomatik kepausan di Asia Timur, Afrika Barat, Balkan hingga diangkat menjadi Kardinal India pada 2001 silam.

Kepergian Mgr Ivan Dias memberikan duka yang mendalam bagi umat Katolik di India dan seluruh dunia. Seperti moto tahbisan saat menjadi uskup, Servus (pelayan), kehidupan dan perjalanan imamat Mgr Ivan Dias dipersembahkan semata-mata demi pelayanan kepada Tuhan, Gereja dan dunia.

Profil Singkat Mgr Ivan Dias

Ivan Dias lahir pada 14 April 1936 di Bandra , sebuah wilayah di kota Bombay dari pasangan Carlo Nazaro Dias da Maria Martins Dias. Kedua orangtuanya berasal dari Goa, India.

Dia merupakan anak kedua dari empat bersaudara. Sejak kecil, Ivan Dias sudah bercita-cita ingin menjadi pelayan Tuhan.

Setelah menamatkan pendidikan SMA-nya di SMA Santo Stanislaus Yesuit, Ivan muda memilih masuk seminari Keuskupan Agung Bombay.

Tepat 8 Desember 1958 dia ditahbiskan menjadi imam Katolik dan mulai bertugas sebagai pastor pembantu di Paroki Santo Stefanus.

Ivan yang cerdas itu kemudian dikirim untuk melanjutkan pendidikannya di Roma. Dia belajar banyak tentang hukum kanon Gereja di Universitas Kepausan Lateran dan AKademi Gerejani Kepausan.

Perjalanan hidupnya membawa Ivan untuk menangggung beban dan tanggung jawab yang lebih besar. Dia ditahbiskan menjadi uskup Agung Bombay pada 8 November 1996.

Pada 2001, Paus Yohanes Paulus II mengangkat Mgr Ivan sebagai Kardinal di India. Selama menjabat sebagai kardinal, Mgr Ivan berjuang keras melawan diskiriminasi terhadap umat Kaorlik di India.

Baca: Ucapan Belasungkawa Paus Fransiskus atas Kepergian Kardinal Ivan Dias

Dia juga adalah tokoh Katolik yang menolak keras praktek aborsi dan homoseksual di seluruh dunia. Setelah lama mengabdikan dirinya di India, Mgr Ivan diberikan tugas sebagai Prefek Kongregasi Penginjilan Masyarakat.

Mgr Ivan juga adalah salah satu yang ikut berpartisipasi dalam konklaf terakhir untuk memilih paus yang baru. Kendati saat itu harus duduk di atas kursi roda, Mgr Ivan tetap semangat menjalankan tugasnya.

Mgr Ivan Dias meninggal pada usia 81 tahun. Kepergiannya dan semua pengabdiannya akan terus dikenang Gereja dan umat Katolik di India.

Sumber: CNN

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

PALING BANYAK DIBACA