Paus Fransiskus Bahas Dunia Pasca Pandemi dengan Presiden Macron

Berita Paus Fransiskus
Paus Fransiskus dan Presiden Prancis Macron (Foto: Vatican Media)

Paus Fransiskus Bahas Dunias Pasca Pandemi dengan Presiden Macron, Gerejawi.com – Paus Fransiskus berbicara kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron melalui telepon, membahas kunjungannya baru-baru ini ke Irak dan tantangan dunia pasca-Covid.

Paus Fransiskus dan Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara melalui telepon pada hari Minggu, menurut siaran pers dari Kantor Presiden di Istana Élysée seperti dilansir dari Vatican News (22/03/2021).

Perbincangan itu, yang diminta oleh Paus, menandai kelima kalinya kedua pemimpin dunia itu berbicara sejak pemilihan Macron pada 2017. Percakapan mereka dilaporkan berlangsung sekitar 40 menit, dan terjadi setelah Presiden Macron mengirim pesan kepada Paus Fransiskus pada kesempatan ulang tahun ke-8 pemilihannya sebagai kepausan.

Terakhir kali mereka berbicara adalah 30 Oktober tahun lalu, setelah serangan di Katedral Nice, yang menewaskan 3 orang.

Kantor pers Élysée mengatakan bahwa selama percakapan hari Minggu mereka berdua berbicara panjang lebar tentang Perjalanan Kerasulan Paus Fransiskus ke Irak baru-baru ini.

Macron mengatakan kunjungan itu menandai “titik balik yang sebenarnya” untuk kawasan Timur Tengah.

Kedua pemimpin ini juga berdiskusi tentang keprihatinan mereka akan beberapa krisis yang mempengaruhi berbagai belahan dunia. Ini termasuk perluasan kelompok bersenjata radikal di Afrika — baik di wilayah Sahel dan pantai timur benua, serta situasi kritis di Lebanon.

Dunia pasca pandemi

Menurut pernyataan pers Élysée, Presiden Macron juga berbicara kepada Paus tentang tantangan dunia pasca-Covid.

Paus Fransiskus menerbitkan sebuah buku dengan jurnalis Inggris Austen Ivereigh tentang subjek tersebut, di mana dia mengatakan umat manusia telah diberi kesempatan untuk membangun dunia yang lebih baik setelah pandemi.

Baca juga: Paus Fransiskus: Ada Mafia Mengeksploitasi Pandemi untuk Memperkaya Diri

Segera setelah dimulainya pandemi, Paus Fransiskus membentuk Komisi Covid-19 Vatikan khusus, untuk membantu umat manusia memikirkan tantangan yang dihadapinya ke depan.

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA TERBARU

PALING BANYAK DIBACA